Kamis, 05 Juli 2007

Disiplin Ketat Penderita Gagal Ginjal

http://www.indomedia.com/intisari/2001/Jun/terapi_601.htm

Tidak mudah bagi penderita gagal ginjal menjalani diet ketat serta menjalani pola hidup sehat secara disiplin. Tapi dengan cara itu, sambil tetap menjalani hemodialisis (HD - cuci darah), penderita gagal ginjal bisa mempertahankan kualitas hidupnya.

Sungguh sulit bagi seseorang untuk menerima kenyataan harus menjalani cuci darah (hemodialisis - HD) seumur hidup, karena menderita gagal ginjal. Selain biayanya mahal, dampak ikutan dari proses cuci darah itu harus ditanggung. Kalau berhasil mendapatkan transplantasi ginjal yang cocok dan kembali hidup normal, masih beruntung. Sayangnya, banyak di antara mereka gagal karena tubuhnya menolak organ baru.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan donor ginjal. Seorang donor ginjal harus memenuhi beberapa syarat agar niat baiknya bisa membuahkan hasil. Di antaranya, badan harus sehat, terutama kedua ginjalnya, golongan darah, serta tipe jaringan ginjalnya sama dengan resipien (penerima). Kecuali itu, pembuluh arteri dan vena cocok satu sama lain agar ginjal donor mudah "ditempelkan".

Sulitnya memperoleh donor ginjal itu mengharuskan kita yang masih sehat untuk merawat organ penyaring ini sebaik-baiknya kalau merasakan sesuatu kurang beres pada ginjal, misalnya terjadi infeksi ginjal atau penurunan fungsi ginjal karena diabetes. Jangan sampai kondisinya semakin buruk.


Hati-hati terhadap infeksi

Fungsi ginjal memang sangat penting. Yaitu menyaring darah, membuang zat-zat yang tidak berguna atau berbahaya bagi tubuh, serta menyerap kembali zat-zat yang berguna.

Bagaikan pabrik pemurnian kotoran dalam tubuh, fungsi ginjal juga menjaga kandungan garam-garaman agar tetap stabil. Dalam waktu 24 jam tak kurang dari 180 l cairan urine primer diperas dari darah yang berasal dari jantung, lalu dimurnikan dalam ginjal. Dalam waktu yang sama, jumlah cairan urine yang dikeluarkan dari tubuh sekitar 1,5 l. Bayangkan saja kalau sampai "mesin" ini terganggu!

"Penurunan fungsi ginjal bisa bersifat akut, bisa juga kronis," kata dr. Parlindungan, spesialis penyakit ginjal, dalam sebuah seminar di RS Siloam Gleneagles, Lippo Karawaci, Tangerang. Gejala keduanya mirip, misalnya volume urine tiba-tiba berkurang atau urine tidak keluar, pusing, mual, tidak bernafsu makan, lemas, sesak napas, kadar ureum dan kreatinin meningkat, dan terjadi gangguan elektrolit. Hanya saja pada gagal ginjal kronis biasanya badan sampai bengkak. Malah adakalanya mulut dan badan sampai berbau urine. Karena gejala munculnya secara bertahap, penurunan fungsi ginjal sering tidak dirasakan, tahu-tahu sudah parah.

Dikatakan akut bila penurunan fungsi ginjal berlangsung tiba-tiba, tapi kemudian dapat kembali normal bila penyebabnya segera ditanggulangi. Kekurangan cairan atau darah akibat perdarahan, penurunan tekanan darah yang tidak dapat segera diatasi, luka bakar atau berkurangnya aliran darah ke ginjal karena aliran tertutup, obat yang bersifat toksik (racun), penyakit ginjal primer, trauma pada ginjal, dan tumor prostat merupakan beberapa penyebabnya.

"Gagal ginjal akut harus segera dicari penyebabnya. Misalnya, kalau masalahnya karena infeksi, harus secepat mungkin diatasi," pesan dr. Parlindungan. Bila masalahnya pada kasus kekurangan cairan, tentu saja harus segera diatasi dengan pemberian infus di rumah sakit. Kecuali itu, diusahakan mengatur keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dengan cermat serta mengatur keseimbangan elektrolit dan asam basa. Tidak kalah penting, mengatur asupan makanan baik melalui mulut maupun infus. Terkadang penderita gagal ginjal akut perlu menjalani cuci darah seperlunya, mungkin 1 - 2 kali saja.

Pada kasus ginjal akut, ginjal akan berfungsi normal kembali bila pengeluaran urine sudah normal dan keadaan fisik secara menyeluruh sudah pulih. Tidak demikian halnya dengan gagal ginjal kronis yang antara lain disebabkan oleh faktor glomerulonefritis (radang ginjal menahun), batu ginjal dan batu saluran kemih yang kurang mendapat perhatian, obat-obatan modern ataupun tradisional yang dimakan dalam jangka waktu lama, hipertensi, diabetes, narkoba, serta penyakit ginjal genetik.

Pengobatan pada gagal ginjal kronis terutama untuk menghambat laju kegagalannya agar tidak sampai terjadi gagal ginjal terminal atau ginjal tak berfungsi lagi. Di sini pengobatan harus dibantu oleh disiplin ketat penderita.

Bila ingin berolahraga, pencapaian target tidak ditentukan. Jenis olahraga yang boleh dilakukan hanya yang ringan seperti berjalan kaki dan berenang secukupnya.

Selain itu tekanan darah harus dinormalkan, gula darah dikendalikan, serta antibiotika diberikan secara tetap bila terjadi infeksi. Infeksi acap kali terjadi gara-gara tumbuh batu, khususnya pada saluran kemih. Hati-hati bila salah satu ginjal mengalami infeksi, harus segera diatasi sebab mudah menular pada yang masih sehat!

Proses hemodialisis baru dilakukan bila ginjal hampir tidak berfungsi lagi (kadar kreatinin kurang dari 5 ml/menit, kedua ginjal sudah mengecil, serta fungsinya di bawah 5%). Ada dua macam cara cuci darah yakni hemodialisis yang harus dilakukan di rumah sakit secara teratur (2 - 3 kali/minggu) atau CAPD (dialisis peritoneal kronik) yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, yang kedua ini jarang dilakukan karena sering menimbulkan komplikasi.

Yang utama perlu diupayakan penderita gagal ginjal kronik adalah diet ketat rendah protein dengan kalori cukup. Pemilihan makanan secara ketat, menurut ahli gizi dr. Lindarsih Notowidjojo, M.Nutr.Sc. dari rumah sakit yang sama, untuk mencegah terjadinya atau berlanjutnya komplikasi gagal ginjal. Tapi cukup energi untuk kegiatan sehari-hari serta bobot badan normal perlu diperhatikan.

Muncul tumor di ginjal

Contoh penderita gagal ginjal yang berhasil mempertahankan kualitas hidupnya berkat disiplin berdiet ketat adalah Siti Erna (40). Meski kini setiap 3 - 5 hari sekali harus menjalani cuci darah, sarjana hukum ini tetap berkarya layaknya orang sehat.

Perjalanan penyakitnya berawal pada usia sangat muda. "Saat berusia 21 tahun, saya mengalami infeksi pada ginjal kanan," tutur Erna. Sepuluh tahun kemudian (1992) luka pada ginjal kanan kambuh sewaktu ia hamil anak pertama. "Berkat bantuan dokter spesialis, bayi bisa diselamatkan."

Saat berusia 34 tahun, Erna mengalami tiga peristiwa yang mengubah hidupnya. Ketika mengandung anak kedua, terdeteksi timbul kebocoran protein pada urinenya dan ia mengalami hipertensi. Akibat eklamsia (keracunan kehamilan), janin 6,5 bulan dalam kandungannya meninggal. "Saya koma selama lima hari dan sudah pada tahap kritis tapi berhasil survive berkat doa dari keluarga dan sahabat-sahabat saya," kenangnya.

Penderitaan tidak terhenti di situ. Suatu ketika dia diberi tahu dokter bahwa pada ginjal kanannya ditemukan tumor sebesar 2 x 3 cm, yang diduga ganas. Akhirnya, ginjal kanan terpaksa diangkat untuk menyelamatkan jiwanya. Sekitar tujuh bulan kemudian dia divonis untuk menjalani cuci darah secara rutin (dua kali seminggu), masing-masing selama lima jam, seumur hidup. Namun, ia tetap berharap pada suatu saat ia bisa memperoleh donor yang ikhlas memberikan satu ginjalnya, dan memenuhi syarat medis.

Belum lagi selesai merenungi nasibnya, ia dihadapkan pada masalah lain. Tiba-tiba terasa, di perutnya ada benjolan. "Saya pikir, jangan-jangan tumbuh tumor lagi dalam perut saya," katanya. Ternyata Erna hamil lagi dalam usia 37 tahun. Namun, kehamilan ini pun tidak bisa dipertahankan karena selewat usia kehamilan 6,5 bulan kadar ureum dan kreatinnya terus meninggi.

"Mulailah saya tergugah untuk bangkit sambil mencari upaya apa saja yang dapat saya lakukan agar dapat hidup aktif dan produktif, tidak hanya terbaring lemas tanpa gairah. Untuk membiayai diri saya yang menghabiskan sekitar Rp 6 juta sebulan saya harus bisa berupaya sendiri, tidak terlalu membebani suami." Biaya sekali cuci darah Rp 475.000,- - 675.000,-, belum termasuk biaya obat saat cuci darah dan obat telan. Beruntung delapan bulan setelah menjalani cuci darah, ia diterima bekerja di sebuah perusahaan yang memberi dia izin menjalankan cuci darah dua kali seminggu.

Berhasil mempertahankan kualitas hidup

Mulailah Erna mengatur pola hidup sehari-hari: hidup teratur dengan makanan diet yang sesuai untuk penderita gagal ginjal. Yang sangat dibatasi misalnya konsumsi cairan, garam, kacang-kacangan serta olahannya. Dalam satu hari ke dalam tubuhnya hanya boleh masuk 800 cc cairan, garam paling banyak satu sendok teh peres per hari.

Tidak seperti kebanyakan penderita lain yang fungsi ginjalnya sudah mencapai nol sehingga tidak lagi bisa mengeluarkan air seni, ginjal Erna yang fungsinya tinggal 5% masih mampu mengeluarkan sekitar 300 cc air seni per hari. "Saya harus menjaga semangat dan stamina agar bisa tetap aktif dan produktif. Sampai saat ini hidup saya 60% tergantung pada perawatan dengan diet makan ketat dan jadwal kegiatan teratur, 40% pada hemodialisis."

Makanan yang dia konsumsi sehari-hari tetap berupa nasi dan lauk-pauknya sesuai selera. "Saya hanya makan saat merasa lapar, rata-rata dua kali sehari," katanya. Erna hanya mengkonsumsi buah-buahan segar pada jadwal harus melakukan dialisis. Bila ingin makan sayur atau membuat sop, terlebih dahulu dilarutkan kaliumnya. Caranya, sayuran dipotong-potong lalu direndam air dalam jumlah banyak selama sejam, dibilas sampai dua kali, baru dimasak. Tapi umbi-umbian seperti kentang dan wortel harus direndam air hangat, lalu dimasak setengah matang, ditiriskan, baru dimasak hingga matang.

Memang ia harus benar-benar mempelajari jumlah kalium, natrium, dan mutu protein dari setiap makanan yang dia konsumsi. Kaldu sangat dibatasi. Makanan tinggi zat besi seperti bayam, kangkung, daging merah, jerohan, sedapat mungkin dibatasi sebab menurunkan kadar zat besi sulit dan lama. "Makanan saya sehari-hari memang rasanya kurang lezat bagi orang normal, tapi apa boleh buat!" katanya.

Ia masih merasa beruntung karena tidak mengidap diabetes sehingga tetap dapat makan makanan kaya karbohidrat, seperti nasi, roti, jagung, kentang, dalam jumlah cukup. Kue-kue dipilih dengan jumlah telur terbatas. Sebagai makanan penutup, Erna memilih makanan yang didinginkan, misalnya puding atau setup(buah dididihkan lalu diberi gula dan sedikit kayu manis) seperti jambu biji, nanas, apel, dan mangga. Untuk mengatasi rasa haus ia mengulum es batu yang diberi beberapa tetes air jeruk nipis atau permen manis. Sebagai bumbu masak ia lebih banyak menggunakan rempah kering seperti daun salam, daun jeruk, sereh kering, serta bumbu bubuk. Agar selera makan lebih baik, makanan dicampur cabai (setelah dikurangi kaliumnya). Makanan sedapat mungkin dia sajikan hangat.

Untuk mempertahankan kadar Hb-nya agar stabil pada angka 9 - 10, ia mendapat suntikan hormon Epotin.

Kegiatan fisiknya dibatasi: jam-jam bangun, tidur, dan istirahat harus selalu dijadwalkan. Kegiatan jalan kaki pun dibatasi dan selalu harus memeriksa denyut nadi, kalau dalam lima menit sudah meninggi, harus dihentikan. Umumnya setiap hari ia delapan jam bekerja, satu jam istirahat, dan empat jam rileks, misalnya untuk makan dan tidur. Bila pekerjaan tidak selesai, ia tidak mau melembur tapi dikerjakan keesokan harinya.

Untuk bisa menjalankan pola hidup dengan ketat, kini Erna bersama rekan-rekannya membuka sebuah kantor biro konsultasi hukum. "Tapi saya lebih banyak bekerja di rumah dengan bantuan Internet," katanya.

Kepada sesama penderita, ia berpesan untuk menghadapi realitas dengan ketakwaan dan menjaga kesehatan diri sebaik-baiknya. Petunjuk dokter harus selalu diikuti. Juga membuat agenda agar jadwal kegiatan dapat diatur, dan sedapat mungkin melakukan kegiatan sesuai kondisi kesehatan.

Nanny Selamihardja

18 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya punya orang tua jg gijal akut. Salah satu ginjalnya sudah dibawah 9%, Berat badan ayah saya 93Kg dengan tinggi badan 160an. ayah baru beberapa bulan ini dikatakan gagal ginjal. Yang saya mau tau apakah dengan kegiatan yg ibu Nanny kerjakan ada perkembangan dengan kondisi gijal ibu Nanny? Terima Kasih

Bobi.duck at yahoo dot com

Unknown mengatakan...

Saya baru di vonis dokter menderita gagal ginjal kronis. Boleh saya tau alamat email bu erna supaya beliau mau share pengalamannya dalam menjalani diet ketat ginjal? Thanks.

arya sidharta mengatakan...

Kepada Bobi dan Susan ... pertanyaan anda akan saya coba teruskan kepada penulis, semoga mendapat tanggapan segera.

Anonim mengatakan...

PENTING KHUSUS KESEHATAN
Bagi yang terkena penyakit kronis yg tidak kunjung sembuh dan tidak ada lagi harapan,
Misalnya penyakit HEPATITIS B, HEPATITIS C, LUPUS, VIRUS TOKSO, VIRUS CMV, HIV/AIDs, KANKER STADIUM AKHIR/TERMINAL, TUMOR, DIABETES, KISTA, JANTUNG, STRUK, dll
Jangan bersedih, karena setiap penyakit pasti ada obatnya
Alhamdulillah dengan metode penelitian terbaru SISTEM SEL dengan Tekhnologi Formulasi Mutakhir, kami bisa mengatasinya secara medis
Dengan izin Allah SWT dan bisa dibuktikan secara medis(sebelum dan sesudah pengobatan dengan cek laboratorium)
Dengan kombinasi 4 kebutuhan dasar manusia (air, nutrisi, oksigen dan energy)
sel sehat -> jaringan sehat -> organ sehat -> Tubuh sehat -> indonesia sehat ( Bukan MLM dan Halal)
Kesehatan memang bukan segalanya namun segalanya tidak akan berarti tanpa kesehatan
Silahkan konsultasi terlebih dahulu
KHANZ MEDICAL CENTRE
Telp (0274) 4399 019 / 0858 6875 6575
Berbagilah, karena kesehatan itu penting
Hub marketing eksekutif kami Sofi 0896 4632 4163

Dokter yusuf mengatakan...

insyah allah saya bisa bantu sembuh kan gagal ginjal anda semua,,,....tlp atau washaap saya 085361675232

Robi Sugoro mengatakan...

saya dengar dari teman Biospray Gagal Ginjal katanya bagus, apakah sudah dengar?

Ibu shintia mengatakan...

Kami lagi mencoba untuk br ikhtiar dng dr eliza yg sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit gagal ginjal...abang saya tr kena gagal ginjal akut dan insyah allah hari ini obat resep beliau sudah sampai dan semoga saja cocok dan bisa sembuh amin . . . Bagi yg mau mencoba brobat dng beliau bisa hub no hp beliau langsung 082269614664.

Bjund mengatakan...

Saya mantan pasien gagal ginjal akut dan sudah 1 tahun saya sembuh dari gagal ginjal akut pengobatan yang saya jalanj dulu ke rumah sakit, sering cek darah, jaga pola makan,jalan pagi, sholat tahajud,Pijat reflxi, dan minum obat racikan dari alternatif pakar pengobatan penyakit dalam ikhwan AH 9779 alhamdulillah selama 4 bulan saya di nyatakan sembuh yang di lihat dari hasil lab darah nya yang kadar ureum nya, kreatin nya dan filter ginjal nya sudah membaik.... Buat saudara ku yang masih bimbang, bingung mencari pengobatan alternatif lain selain brobat ke rumah sakit saran saya coba lah ikuti langkah saya dan brobat dengan ikhwan AH 9779 dan jangan lupa br doa dan br sedekah.
Kalau posisi saudara dekat bisa datang ke alamat beliau dan bila posisi beliau jauh pesan obat nya saja jangan takut untuk brobat dengan beliau, beliau orang nya sangat amanah akan pesanan pasien nya... Saya jamin demi allah beliau sangat amanah... Ini no ikhwan Ah 9779 0822-9423-8289

Siti binti fitria mengatakan...

Buat saudaraku
Sejatinya pasein gagal ginjal memang di haruskan cuci darah.
Kalau ada yang bilang bisa sembuh tanpa cuci darah 100% itu HOAX!!!
Saya sudah tanya ke beberapa dokter dan tr akhir ke bapak ikhwan ah9779 jawaban nya sama semua yaitu pasien gagal ginjal harus tetap cuci darah, dan itu gak pakek nawar. Kami aja masih menjalankan cuci darah dan juga sekarang juga brobat dengan bapak ikhwan ah9779.
Sekarang kondisi alhamdulillah jauh lebih baik dari sebelum nya.
Jadi hati hati dalam mengambil tindakan pengobatan alternative lain selain di rumah sakit yang katanya bisa sembuh tanpa cuci darah dan juga bisa sembuh dalam waktu singkat. Karna gagal ginjal itu sejatinya rusaknya pembuluh darah dan filter ginjal yang seharusnya bekerja sebagai penyaring di tubuh kita, kata dokter di sini dan kata bapak ikhwan ah9779 bisa sembuh tapi butuh proses sesuai kondisi keparahan dari ginjal tersebut.
Saran saya kalau mau mencari pengobatan alternative yang baik dan bagus coba ke bapak ikhwan ah 9779.
Semoga beliau bisa bantu dan cocok dengan saudara.
Coba telp beliau langsung.
Ni no beliau 0822-9423-8289.
Posisi beliau di aceh sigli.
Kalau posisi beliau jauh dari saudara beliau juga bisa bantu juga, saya juga jauh dari posisi beliau.
Saya tinggal di malaysia sekarang, karna suami saya warga Malaysia.

Mayor sutrisno mengatakan...

Info juga kalau mau cari pengobatan gagal ginjal selain cuci darah di rumah sakit bisa juga brobat dengan dr eliza ,beliau dr umum yang tugas di aceh besar di salah satu puskes di aceh.
Banyak yang sudah sembuh dengan beliau terutama gagal ginjal akut,tr masuk saya.
Bila jauh bisa pesan resep obat nya saja dan rajin konsultasi...
Lebih lengkapnya bisa hub beliau langsung
Ini no beliau 0822-9498-9494

Mayor sutrisno mengatakan...

Info juga kalau mau cari pengobatan gagal ginjal selain cuci darah di rumah sakit bisa juga brobat dengan dr eliza ,beliau dr umum yang tugas di aceh besar di salah satu puskes di aceh.
Banyak yang sudah sembuh dengan beliau terutama gagal ginjal akut,tr masuk saya.
Bila jauh bisa pesan resep obat nya saja dan rajin konsultasi...
Lebih lengkapnya bisa hub beliau langsung
Ini no beliau 0822-9498-9494

Mayor sutrisno mengatakan...

Info juga kalau mau cari pengobatan gagal ginjal selain cuci darah di rumah sakit bisa juga brobat dengan dr eliza ,beliau dr umum yang tugas di aceh besar di salah satu puskes di aceh.
Banyak yang sudah sembuh dengan beliau terutama gagal ginjal akut,tr masuk saya.
Bila jauh bisa pesan resep obat nya saja dan rajin konsultasi...
Lebih lengkapnya bisa hub beliau langsung
Ini no beliau 0822-9498-9494

Auto2000 mengatakan...

Selama ini kita sudah di doktrin kalau penyakit gagal ginjal itu tidak bisa sembuh.
Padahal di luar sana sudah banyak yang sembuh dari penyakit gagal ginjal.
Allah swt menurunkan masalah pasti ada solusi nya.
Semua itu tr gantung kita nya.
Memang cuci darah bukan solusi tepat untuk pengobatan gagal ginjal. Cuci darah hanya alat pengganti penyaring cairan dan darah kita.
Tapi dampak dan epeksamping nya pasti ada dari mesin cuci darah tr sebut.
Memang cuci darah itu wajib hukum nya tapi saran dari dokter di rumah sakit selain cuci darah dan jaga pola makan pasien boleh juga melakukan pengobatan lain di luar sana tapi harus di ingat pantangan konsumsi dan aturan medis.
Brobat boleh dengan trapis yang br pengalaman atau juga dengan dokter.
Dan pasti nya biaya nya juga mahal, karna penyakit gagal ginjal itu bukan penyakit ringan dan untuk kesembuhan nya juga butuh proses...
Dan bila kondisi anda jauh lebih baik selama melakukan pengobatan tr sebut saran saya jangan pernah melanggar pantangan, terus lah Brobat sampai tuntas jangan sampai putus obat nya karna bila pembuluh darah halus di ginjal sudah mulai br regenerasi tapi pantangan di langgar serta obat juga sempat putus di tengah jalan makan pasti semua usaha selama ini yang Anda lakukan sia sia, rajin konsultasi dengan trapis atau dokter nya, sholat tahajud, dzikir, doa dan sedekah.
COBA IKUTI SARAN SAYA SEMOGA BR MANFAAT BUAT SAUDARA SEMUA.
SEHAT MAHAL HARGANYA TAPI KALAU SAKIT UNTUK DAPATKAN KESEMBUHAN JAUH LEBIH MAHAL HARGANYA NYA.

INGIN INI:

ORANG INGIN SUKSES DALAM KARIR NYA AJA BUTUH USAHA EXTRA LEBIH DARI ORANG BIASA + DOA + SE MANGAT KEYAKINAN UNTUK SUKSES

APALAGI ORANG YANG INGIN SEMBUH JUSTRU HARUS LEBIH EXTRA LAGI.

ORANG INGIN SEMBUH JUGA BUTUH USAHA EXTRA SEMANGAT YANG KUAT + DOA + PIKIRAN DAN HATI YANG TENANG BERSIH DAN IKHLAS.
HARTA YANG PALING BR HARGA DI DUNIA INI BUKAN MOBIL MEWAH ATAU PUN RUMAH MEWAH TAPI KESEHATAN KITA MASING MASING...
SELAGI KESEHATAN ADA DI TUBUH KITA MAKA HARGAILAH DAN RAWATLAH DENGAN SEPENUH HATI.
JANGAN ANGGAP KESEHATAN SEPERTI UANG RECEH YA.
KARNA KALAU DIA SUDAH BR KURANG DI TUBUH ANDA JANGAN SALAHKAN KALAU KESEHATAN INGIN KEMBALI KE TUBUH ANDA BISA HABIS BR IKAT IKAT UANG ANDA.


( KALAU ANDA SELALU MENCARI TAU NAMA OBAT NYA APA PASTI GAK BAKAL KETEMU ATAU DI BERI TAU KARNA SAYA SUDAH MENGALAMINYA SENDIRI SELAMA INI

KARNA PADA SEJATINYA PADA UMUM NYA TIDAK ADA DOKTER DI DUNIA INI ATAU TRAPIS YANG MAU KASIH TAU OBAT RACIKAN NYA APA KECUALI ANDA DATANG LANGSUNG ATAU TEBUS OBAT RACIKAN NYA.

KECUALI ANDA BR TANYA KE PEDAGANG OBAT SEPERTI APOTIK PASTI DI TAWARKAN BR BAGAI OBAT YANG DI JUAL NYA.

SEMOGA KITA SEMUA BISA SELALU SEHAT AMIN..

Auto2000 mengatakan...

Gagal ginjal itu bisa sembuh dan anda harus yakin, kalau anda tidak yakin maka anda pasti tidak akan sembuh. tapi sembuh dari gagal ginjal bukan hal yang mudah butuh proses panjang minimal 6 bulan (ini yang saya jalani) dan butuh keyakinan juga serta biayanya juga sangat mahal karna penyakit gagal ginjal bukan penyakit biasa.
Kalau saudara yakin bisa sembuh dan mau usaha serta punya tekat dan semangat untuk sembuh dan jangan lupa br doa. Saya yakin anda pasti bisa sembuh.
JANGAN ANDA DENGARKAN CLOTEH NEGATIP DARI ORANG LAIN.
DENGARKAN KATA HATI ANDA, TEKAT ANDA, SEMANGAT ANDA. SAYA YAKIN ANDA BISA SEMBUH. KARNA SAYA YAKIN SABDA RASULULLAH SAW ITU BENAR. TAK ADA PENYAKIT YANG TIDAK ADA OBAT NYA, KECUALI TUA.
INGAT ANDA YANG SEDANG TERKENA GAGAL GINJAL AKUT ATAU KRONIS ANDA HARUS YAKIN KALAU ANDA BISA SEMBUH AMIN...
JANGAN PERNAH PASRAH...
INGAT ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SUATU KAUM BILA KAUM ITU TIDAK MAU MERUBAH NYA.
OK SAUDARA KU SEMANGAT SEMUANYA!!!!

Auto2000 mengatakan...

Gagal ginjal itu bisa sembuh dan anda harus yakin, kalau anda tidak yakin maka anda pasti tidak akan sembuh. tapi sembuh dari gagal ginjal bukan hal yang mudah butuh proses panjang minimal 6 bulan (ini yang saya jalani) dan butuh keyakinan juga serta biayanya juga sangat mahal karna penyakit gagal ginjal bukan penyakit biasa.
Kalau saudara yakin bisa sembuh dan mau usaha serta punya tekat dan semangat untuk sembuh dan jangan lupa br doa. Saya yakin anda pasti bisa sembuh.
JANGAN ANDA DENGARKAN CLOTEH NEGATIP DARI ORANG LAIN.
DENGARKAN KATA HATI ANDA, TEKAT ANDA, SEMANGAT ANDA. SAYA YAKIN ANDA BISA SEMBUH. KARNA SAYA YAKIN SABDA RASULULLAH SAW ITU BENAR. TAK ADA PENYAKIT YANG TIDAK ADA OBAT NYA, KECUALI TUA.
INGAT ANDA YANG SEDANG TERKENA GAGAL GINJAL AKUT ATAU KRONIS ANDA HARUS YAKIN KALAU ANDA BISA SEMBUH AMIN...
JANGAN PERNAH PASRAH...
INGAT ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SUATU KAUM BILA KAUM ITU TIDAK MAU MERUBAH NYA.
OK SAUDARA KU SEMANGAT SEMUANYA!!!!

Unknown mengatakan...

Aamiin....

Dedi godet mengatakan...

Trimakasih banyak dokter atas info, saran dan obat nya yang dokter kirimkan insyah allah saya akan usahakan ayah saya untuk rutin konsumsi obat pemulihan filter ginjal dari dokter selama 6 bulan.

Fitry blessing mengatakan...

Alhamdulillah yaa Allah...
setelah berjuang , br doa di sertain br ikhtiar dengan pengobatan ikhwan 9779 yang ada di aceh selama 6 bulan akhir nya suami saya sembuh dari gagal ginjal akut ny dan ini sudah jalan 4 bulan tidak cuci darah semenjak di bilang dokter ginjal sudah normal kembali.
TRIMAKASIH YAA ALLAH ENGKAU TELAH MENJABAH DOA KAMI....
Jadi buat para penderita gagal ginjal saya saran kan untuk datang langsung berobat dengan pengobatan ikhwan 9779 yang alamat nya di aceh, kalau jauh bisa konsultasi dan pesan obat nya saja seperti yang kami jalani selama 6 bulan brobat dengan beliau.
Ini nomor WA nya bagi yang mau brobat.
0822-9423-8289 ( PENGOBATAN IKHWAN 9779 )